evolusi-mesin-cuci

Jika melihat bagaimana perkembangan atau evolusi mesin cuci dari dulu hingga sekarang, tentunya terdapat banyak sekali perbedaan. Dimana hal tersebut tentunya sangat membantu pekerjaan manusia.

Meskipun saat ini sudah banyak digunakan, namun, tidak semua penggunanya memahami tentang evolusi mesin cuci. Mesin cuci sendiri merupakan teknologi dengan desain khusus untuk memudahkan manusia dalam mencuci berbagai jenis pakaian.

Kemajuan teknologi yang terus meningkat, menjadikan kebutuhan akan teknologi yang canggih semakin tinggi pula. Lantas, bagaimana perkembangan dari mesin tersebut?

Evolusi Mesin Cuci Baju

Sebelumnya  perlu diketahui terlebih dahulu bagaimana kehadiran mesin yang pertama kali. Adapun mesin ini telah pertama kali oleh Jacob Christian Schäffer di tahun 1767. Di sini, untuk dapat penggilingan bergerak, pengguna masih menggunakan tangan atau manual, dimana saat digerakkan akan memutarkan drum agar pakaian bisa dicuci.

Kemudian akhirnya ditemukan yang menggunakan tenaga oleh Alva J. Fisher di tahun 1908. Terdapat drum berputar, kemudian pengering, dan juga alat untuk membersihkan. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak hal yang ditemukan untuk membuat mesin cuci dapat bekerja lebih efisien.  

Dimana kemudian, Bendix Corporation menghadirkan mesin otomatis yang pertama kalinya dengan pengering pada 1937. Lalu hadirnya mesin otomatis dengan adanya kontrol elektronik. Sampai kedatangan mesin berteknologi pintar dimana lebih efisien dan lengkap pada sekitar tahun 1990-an. 

Perbedaan Mesin Cuci Dahulu vs Masa Kini

Terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya seperti dijelaskan berikut:

  1. Ukuran dan Desain

Dibandingkan dahulu, mesin cuci sekarang didesain lebih ringan, simple dan tampak estetik. Adapun bahan yang digunakan tahan karat berupa stainless steel dan plastic. Sementara dahulu, ukuran jauh lebih berat dan besar. Hal itu karena bahan yang digunakan adalah logam. Adapun desainnya cukup klasik.

  1. Cara Kerja Mesin

Di era modern ini, mesin memiliki fitur lengkap dan canggih dengan kendali layar sentuh, Dimana terdapat berbagai opsi seperti mengatur suhu air, kecepataan untuk memutar dan banyak lagi. Sementara untuk mesin dahulu, masih lebih banyak menggunakan cara manual dan terbatasnya fitur untuk mengatur putaran dan waktu mencuci pakaian.

  1. Efisiensi

Saat ini, setelah evolusi mesin cuci, mesin mampu menjadikan proses mencuci yang lebih efisien dalam memanfaatkan air dan juga energy. Tersedia sensor canggih yang akan membuat control yang lebih baik terhadap air dan energi sesuai dengan beban pakaian yang dicuci. Sementara mesin sebelumnya setelah melalui sangat kurang efisien memanfaatkan air dan energy.

  1. Kecepatan

Mesin yang digunakan saat ini dapat dikatakan jauh lebih cepat dan tetap efisien. Apalagi dengan adanya menu cepat yang mampu membuat cucian sudah bersih untuk waktu yang singkat yaitu di bawah satu jam. Berbeda dengan sebelumnya, dimana waktu yang dibutuhkan untuk mencuci sangat lama sampai menghabiskan beberapa jam lamanya.

  1. Harga

Saat ini, terdapat banyak pilihan mesin cuci canggih dengan harga yang disesuaikan kepada fitur, merek dan model yang digunakan. Sementara untuk mesin terdahulu pilihannya terbatas dan harganya jauh lebih murah,

Di awal kehadiran mesin cuci yang pertama kali, pengguna sudah mendapatkan banyak manfaat dan memudahkan pekerjaan manusia. Mulai dari mesin yang masih menggunakan tangan sampai hadirnya mesin super pinta dengan berbagai fitur terbaru dan lengkap.

Ini membuat pekerjaan untuk mencuci menjadi sangat cepat dan juga tidak membuang-buang banyak air, energy hingga waktu dengan sia-sia. Apalagi saat ini pengguna bisa memilih jenis mesin yang akan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Dengan evolusi mesin cuci ini, pengguna lebih  menghargai mesin yang ada saat ini.