keturunan-nabi-sulaiman

Nabi Sulaiman adalah nabi yang wajib diketahui oleh umat Islam. Lalu apakah keturunan nabi sulaiman masih ada? Jika penasaran, simak artikel ini:

Nabi Sulaiman merupakan satu dari sekian banyak nabi yang ada dalam sejarah Islam. Sebagai salah satu nabi yang wajib diketahui, pasti banyak yang penasaran apakah keturunan Nabi Sulaiman masih ada sampai sekarang atau tidak.

Topik ini memang sangat menarik untuk dibahas dan dikulik. Oleh karenanya, artikel ini akan membahas tentang silsilah Nabi Sulaiman, keturunannya, serta fakta menarik lainnya. Berikut penjelasannya secara lengkap:

Silsilah Nabi Sulaiman

Sebelum membahas keturunan dari Nabi Sulaiman, akan lebih baik membahas silsilahnya terlebih dahulu. Dengan demikian bisa diketahui daftarnya secara lengkap dan terstruktur dari awal hingga akhir.

Jika dirincikan, ada 15 pihak yang terdaftar dalam silsilah rinci Nabi Sulaiman yang dimulai dari pihak Nabi Ibrahim. Hal ini bahkan sudah dituliskan dalam buku dari Jihad Muhammad Hajjaj. Jadi sudah ada dasar mengenai urutannya.

Buku yang berjudul Umur dan Silsilah Pada Nabi ini menuliskan susunan yang jelas. Untuk data awal dimulai dari Nabi Ibrahim, dan pasa urutan ke lima belas ada Nabi Sulaiman. Sedangkan di antaranya ada Ya’qub, Aram, Abir, dan yang lainnya.

Semua nama yang terdata dalam buku tersebut sudah berurutan dan saling berkaitan satu sama lain. Sejarah mencatatnya secara konkret untuk dijadikan bahan belajar dan pengetahuan. Jika salah satunya tidak ada, maka silsilah ini juga tidak terbentuk.

Seperti yang sudah dipaparkan bisa diketahui bahwa ada 15 pihak dalam silsilah tersebut termasuk Nabi Sulaiman. Dengan adanya susunan tersebut, maka sudah bisa diketahui sejauh mana silsilah Nabi Sulaiman terbentuk dan terdata.

Keluarga Terdekat Nabi Sulaiman

Munculnya keturunan Nabi Sulaiman tentu tidak lepas dari adanya keluarga terdekatnya. Apabila dirincikan, maka ada pihak ayah, ibu, istri, dan anak yang masuk dalam golongan keluarga terdekat.

Masing-masing pihak tersebut sudah diinformasikan di berbagai sumber. Ada pihak yang dijelaskan secara konkret, dan ada pihak yang dijelaskan dalam lingkup yang kecil. Untuk lebih jelasnya, ikuti daftar keluarga terdekatnya berikut ini:

  • Ayah: Nabi Daud yang terdata sebagai nabi dari Bani Israil. Ia lahir di Betlehem pada 1040 SM dan meninggal di Israel pada 970 SM.
  • Ibu: bernama Batsyeba.
  • Istri: yang paling terkenal adalah Ratu Balqis. Namun Kisah Para Nabi menyatakan bahwa ada 700 istri wanita biasa dan 300 hamba sahaya. Ada juga yang berpendapat sebaliknya.
  • Anak: bernama Rehabeam yang meneruskan kekuasaan ayahnya.

Pada daftar tersebut sudah dikemukakan pihak-pihak yang ada di sekeliling Nabi Sulaiman. Masing-masing memiliki peran dan kisahnya. Tanpa keluarga terdekat tersebut, maka kisah Nabi Sulaiman akan kurang karena tidak lengkap.

Apakah Keturunan Langsung Nabi Sulaiman Masih Ada?

Pada salah satu penjelasan di atas, dikemukakan bahwa istri Nabi Sulaiman dipercaya ada banyak. Lalu apakah keturunan Nabi Sulaiman masih ada sampai sekarang dan masih tercatat secara jelas?

Pasti banyak yang penasaran mengenai hal tersebut. Jawabannya adalah masih, keturunan dari Nabi Sulaiman dipercaya ada dan jumlahnya sangatlah banyak.

Pada salah satu kesempatan, Dubes Indonesia yang mendiami Ethiopia mengungkapkan bahwa keturunannya ada di negara tersebut. Jadi sebagian keturunannya ada di negara Ethiopia dan jumlahnya diperkirakan sampai 200 ribu.

Sebagai tambahan, keturunan yang ada di negara tersebut dinilai berasal dari istri Nabi Sulaiman yang paling terkenal yaitu Ratu Balqis. Sedangkan untuk agama yang dianut keturunan dari Nabi Sulaiman adalah Yahudi.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, maka bisa diketahui bahwa keturunan Nabi Sulaiman memang masih ada sampai saat ini. Jumlahnya juga terpantau banyak dikarenakan ada penulisan informasi silsilah yang jelas dan dipercaya banyak orang hingga saat ini.