Cara-Membuat-Google-Sheet

Panduan cara membuat google sheet saat ini sebenarnya cukup mudah sekali, simak selengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan!

Cara membuat google sheet saat ini sebenarnya cukup mudah sekali. Google Sheets ini menjadi salah satu aplikasi berbasis web yang berasal dari Google.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk bisa mengedit, serta berbagi spreadsheet secara online. Melalui Google Sheets, kita nantinya juga dapat melakukan berbagai macam hal.

Cara Membuat Google Sheet

Google Sheet ini bisa digunakan untuk penghitungan yang sederhana sampai analisis data kompleks. Berikut ini penjelasan terkait panduan buat Google Sheet, antara lain:

  1. Masuk ke Akun Google

Pertama, bisa login ke akun Google terlebih dahulu. Jika tidak memilikinya bisa membuatnya terlebih dahulu, seperti penjelasan di bawah ini:

Cara membuat google sheet bisa membuka halaman Google di browser. Lanjut, kita bisa menggulirkan tab Sign ini di bagian pojok kanan.

Kemudian, bisa memastikan email beserta password. Lanjut, langsung mengklik “selanjutnya atau Next” untuk login ke Google.

  1. Akses Google Sheets

Ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan untuk dapat akses Google Sheet dengan mudah. Berikut ini sudah ada cara aksesnya.

  • Melalui Google Drive

Cara membuat google sheets utama, kita bisa membuka akun Google Drive di browser atau Playstore. Kemudian, bisa mengklik tombol New di bagian sisi kiri monitor.

Nantinya, melalui menu dropdown kita bisa langsung memilih Spreadsheet Google. Tentu, opsi ini akan membantu kita untuk buka lembar kerja baru di tab yang baru.

  • Langsung Melalui Google Sheets

Langkah utama, login terlebih dahulu Google Sheets secara langsung. Caranya cukup dengan kunjungi slot gacor.

Setelah itu, bisa menggeser tombol “Blank” atau “+”. Tujuannya agar lembar kerja baru bisa terbuka dengan mudah.

Nantinya, kita juga bisa langsung memilih template yang berasal dari galeri. Terutama, jika ingin menggunakannya sebagai format tertentu seperti jadwal proyek atau laporan keuangan.

Fitur Utama dari Google Sheet

Apabila Google Sheets tersebut sudah terbuka, nantinya kita akan melihat sheet yang kosong. Berikut ini sudah ada fitur utama yang bisa digunakan ketika mengakses Google Sheets, antara lain:

  1. Menambahkan Data

Fitur ini bisa kita gunakan dengan cara ketik data yang ada di sel. Biasanya, setiap kotak kecil yang ada di lembar kerja dikenal sebagai sel.

Kita dapat memindahkan kursor hanya dengan menggunakan tombol panah atau mouse pada keyboard.

  1. Format Data

Fitur ini nantinya juga dapat melakukan penyorotan pada rentang sel. Lalu, kita bisa gunakan menu di bagian atas untuk mengubah warna, font, ukuran dan masih banyak lainnya.

  1. Atur Kolom dan Baris

Fitur satu ini dapat mengubah ukuran baris serta kolom dengan cara menyeret garis antara nama kolom atau baris. Kita juga dapat menghapus atau menambahkan kolom serta baris dari menu Insert.

  1. Mencetak dan Mengekspor

Bagi pengguna yang ingin mengekspor Google Drive ke format lain, maka langkahnya cukup sederhana. Pertama, bisa langsung mengklik “File” -> “Print”. Ini berguna sekali untuk melakukan cetak sheet.

Kita juga dapat mengatur tata skala, letak, dan hal lainnya. Berikutnya, juga dapat melakukan pengunduhan sheet dalam berbagai macam format. Misalnya saja seperti .xlsx, .pdf, atau .csv hanya melalui menu “File” -> “Download”.

Kesimpulan

Melalui cara membuat google sheet di atas, sebenarnya cukup praktis dan cepat. Google Sheets ini tergolong sebagai perangkat yang fleksibel, untuk membantu kita mengelola data dan hal lainnya.