pekerjaan-yang-akan-tergantikan-oleh-ai

Ada banyak prediksi yang menyebutkan berbagai pekerjaan yang akan tergantikan oleh ai. Hal ini dapat menjadi ancaman untuk mereka yang takut kehilangan profesinya tersebut.

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa ada banyak pekerjaan yang akan tergantikan oleh AI. AI atau kecerdasan buatan kian ramai digunakan pada berbagai bidang yang ada dalam hidup sehari-hari.

Ada banyak orang yang kemudian mengalami ketakutan akan hal tersebut dimana situasi tersebut akan mengancam keberadaan manusia. Termasuk pekerjaan sekarang yang nantinya akan bisa dilakukan oleh AI. Lantas, apa saja jenis pekerjaan yang diprediksi tersebut?

Inilah Daftar Pekerjaan yang Akan Tergantikan Oleh AI

Berikut ini terdapat beberapa bidang pekerjaan yang mungkin akan bisa digantikan dengan teknologi canggih:

  1. Customer service

Tentu tidak sedikit yang telah mengalami ketika aplikasi atau layanan suatu platform memberikan layanan chat pelanggan menggunakan bot. Adapun bot tersebut dirancang dengan menggunakan AI.

Adapun proses layanan ini tentunya akan semakin ditingkatkan seiring waktu berjalan. Maka para pekerja customer service tentunya mendapat ancaman dengan adanya hal ini karena kemungkinan akan kehilangan pekerjaan dan digantikan oleh program.

  1. Bidang Pemrograman

Seperti yang diketahui bahwa bidang ini berupa data analyst, programmer hingga software engineer sangat berperan penting dalam teknologi. Namun, pekerjaaan mereka tersebut ternyata bisa digantikan oleh teknologi AI dan mengganti alur pekerjaan tersebut. 

Tentu karena AI dirancang untuk bisa menciptakan kode pemrograman dengan akurat dan sangat cepat jika dibandingkan ke manusia.

  1. Market Research Analyst

Bidang ini termasuk yang dibutuhkan untuk marketing. Namun, pekerjaan ini juga masuk ke dalam prediksi dimana akan digantikan juga dengan teknologi AI. Hal ini dipandang dengan sangat efektif dimana dapat melakukan analisis kebutuhan dan juga karakter pasar.

AI juga melakukan pengolahan informasi dengan otomatis sehingga memperbesar kemungkinan bidang ini menjadi terkena efeknya.

  1. Bidang Hukum

Mengapa disebut pekerjaan yang akan tergantikan oleh AI, karena bidang ini juga dimana di dalamnya ada paralegal dan bantuan hukum juga memiliki kemungkinan untuk dibantu oleh AI. Dimana bidang ini bertugas untuk mencari informasi untuk ukuran besar, 

Hal tersebut kareena cara kerja pekerjaaan di bidang ini, yakni mengumpulkan informasi dalam jumlah besar, menyatukan temuaan, serta menggantikan ringkasan bisa dilakukan oleh AI.

Namun, ini bukan berarti AII akan menggantikannya secara keseluruhan dalam bidang ini. Seperti yang diketahui, hukum masih membutuhkan penilaian serta pemahaman yang natural dari manusia.

  1. Guru

Sebenarnya, AI juga sudah memiliki banyak peran dalam pendidikan dimana membantu siswa di sekolah untuk mengerjakan tugas. Ini kemudian dianggap memberikan potensi besar untuk AI dapat menggantikan sistem pendidikan.

Kelengkapan informasi yang berisi berbagai materi pengetahuan, tentunya membuat kemungkin guru digantikan oleh AI lebih besar. Meskipun masih terlalu cepat untuk menyimpulkannya saat ini. 

  1. Bidang Media

Untuk bidang seperti kreator konten, advertising, dan jurnalis perlu waspada dengan adanya AI yang terus berkembangg. Salah satu contohnya, ChatGPT yang menggunakan basis teks dapat mengikuti perintah dari pengguna dalam membuat berbagai artikel yang sangat berkualitas dan sesuai buatan manusia.

Tidak sedikit media yang telah memanfaatkan AI dan membuat berbagai artikel serta tema yang diminta. 

Beberapa penjelasan di atas mungkin akan tampak menakutkan bagi sebagian orang yang memiliki profesi yang sama dengan yang disebutkan. Namun, pekerjaaan yang akan tergantikan oleh AI itu adalah predisi yang belum diketahui bagaimana ke depannya. Manusia masih perlu terus bersiap untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi.