surat-yang-tidak-diketahui-pengirimnya-disebut

Terkadang surat yang tidak diketahui pengirimnya disebut surat kaleng, biasanya ditujukan untuk pemerintah. Simak uraian selengkapnya di sini.

Pengiriman surat memang sudah mulai dihilangkan, tetapi bukan berarti tidak ada yang mau melakukannya, bahkan masih ada pengiriman surat kaleng. Surat yang tidak diketahui pengirimnya disebut surat kaleng, tetapi bentuknya tidak demikian.

Jenis surat tersebut masih sering digunakan dalam dunia pemerintahan di Indonesia, tentunya untuk tujuan tertentu. Terkadang surat kaleng sengaja dikirimkan untuk menyatakan pendapat tanpa takut ketahuan identitas aslinya. 

Sebenarnya, metode pengiriman surat tersebut sudah ada sejak lama, tetapi baru-baru ini kembali populer. Apalagi pemerintahan Indonesia sepertinya sangat memerlukan kritik dari rakyatnya, tetapi tanpa diketahui identitasnya, ini penjelasannya. 

Surat yang Tidak Diketahui Pengirimnya Disebut 

Umumnya, surat yang tidak diketahui pengirimnya disebut surat kaleng, fungsinya untuk menyembunyikan identitas. Adanya jenis surat tersebut memungkinkan masyarakat untuk berpendapat tanpa takut ketahuan identitas maupun keberadaannya.

Biasanya surat kaleng banyak digunakan dalam dunia politik untuk menyampaikan pendapat yang lebih sering didengarkan. Apalagi pendapat tersebut tidak diketahui secara pasti siapa pemiliknya tetapi isinya pasti.

Surat yang tidak diketahui pengirimnya disebut surat kaleng, biasanya berisi  informasi yang dikirimkan kepada orang tertentu tanpa mencantumkan identitas. Bisa dibilang tanpa identitas, agar memudahkan pengiriman dalam menulis pesan tanpa terbatas.

Isi surat kaleng berkaitan dengan informasi maupun saran yang membangun untuk memperbaiki suatu institusi. Bukan hanya ditujukan pada pemerintahan, terkadang surat tersebut berguna untuk menegur orang secara pribadi.

Namun isi surat tetap harus sesuai data yang akurat serta berisi pemikiran dari pengirim tanpa perlu ketahuan. Bila perlu sertakan bukti nyata bahwa perlu meningkatkan kinerja dalam bidang tertentu sesuai yang ingin disampaikan.

Tidak jarang beberapa orang sering memanfaatkan surat kaleng sebagai pengontrol dalam bidang pemerintahan. Tujuannya agar kinerja pemerintah tidak melenceng jauh dan tetap mendengarkan pendapat rakyat. 

Meski tidak diketahui siapa pengirimnya, tetapi surat tersebut biasanya akan dikirimkan saat terdapat isu tertentu. Sehingga menjadi pertanda bahwa isu tersebut sangat penting serta bisa dijadikan evaluasi untuk meningkatkan kinerja.

Namun perlu diketahui bahwa surat kaleng dikirim sesudah diberi sampul karena tidak ada pihak lain yang boleh mengetahuinya. Nantinya pengirim tetap memberikan alamat serta nama secara jelas agar benar-benar sampai ke tujuan. 

Bahkan jenis surat ini tidak boleh boleh dibaca oleh orang lain. Hanya lembaga atau personal tujuan yang diperbolehkan mengetahui surat ini, tetapi tetap tidak boleh disebarluaskan ke khalayak ramai.

Manfaat Menulis Surat Menggunakan Tangan

Era menulis surat memang sudah mulai ditinggalkan, apalagi perkembangan teknologi memungkinkan masyarakat mengirim pesan secara digital. Namun perlu diketahui bahwa ada manfaat menarik dari menulis surat menggunakan tangan di bawah ini.

1. Memberikan Perspektif Baru 

Menulis ide yang berasal dari pikiran kemudian dituangkan ke dalam kertas membantu meningkatkan kejelasan otak. Bahkan bisa memberikan perspektif baru yang mencerahkan pemikiran serta mendeskripsikan perasaan seseorang.

2. Membantu Berpikir Lebih Jernih

Surat yang ditulis manual memungkinan pengirim untuk berpikir lebih jernih tanpa ragu mencurahkan segala isi hatinya. Apalagi surat kaleng yang identitasnya tidak diketahui, tentu memudahkan penulis mengirimkan pendapat tanpa takut terkena dampak buruk.

3. Menciptakan Kebahagiaan

Pengirim bisa dengan bebas mencurahkan pendapat maupun isi hatinya secara sopan tanpa takut akan terkena amarah orang lain. Hal tersebut bisa tercipta jika memilih menulis surat kaleng kepada seseorang karena identitasnya tersamarkan.

Kesimpulan

Jadi dapat disimpulkan bahwa menulis surat memiliki beragam manfaat penting terutama surat kaleng. Surat yang tidak diketahui pengirimnya disebut surat kaleng, biasanya digunakan untuk menyampaikan pendapat di dunia politik.