Perawat, Pekerjaan Masa Depan yang Takkan Pernah Tergantikan Robot

Pernahkah anda bayangkan seandainya pada masa depan, sebagian besar pekerjaan telah digantikan oleh robot? Mungkin dunia akan mirip dengan yang digambarkan di dalam film Terminator 3: Rise of the Machine, dimana keberadaan manusia mulai terancam oleh mesin.

Lalu, bagaimana dengan tren yang akan terjadi di dunia nyata?

Baru-baru ini, Vox sebuah laman berita dan opini Amerika Serikat mengunggah sebuah video yang membahas mengenai jenis-jenis pekerjaan masa depan yang cenderung aman dari ancaman otomasi (automation), atau penggantian oleh mesin.

Di laman resmi Youtube-nya, Vox menampilkan video berjudul "The robot-proof job men aren't taking" yang membahas mengenai fenomena atau tren otomatisasi dalam dunia pekerjaan.

Dalam video ini, pokok bahasan yang diangkat oleh Vox merupakan hasil dari salah satu riset yang berjudul "The Future of Employment: How Susceptible Are Jobs to Computerisation" yang ditulis Carl Benedikt Frey dan Michael A. Osborne dan dipublished pada tahun 2013 yang lalu.

Dalam papernya tersebut, Frey dan Osborne mencari tahu mengenai seberapa rentan teknologi robot dan otomatisasi akan menggantikan 702 jenis pekerjaan yang umum ditemukan di dunia kerja. Hal yang melatarbelakangi riset ini adalah adanya perkembangan signifikan pada bidang Machine Learning (ML) dan Mobile Robotics (MR) beberapa tahun terakhir yang mulai merambah keahlian-keahlian yang tadinya hanya dikerjakan oleh manusia.

Frey dan Osborne, di dalam penelitian ini mengembangkan sebuah metode baru untuk mengelompokkan jenis-jenis pekerjaan berdasarkan kerawanannya terhadap otomatisasi di masa depan. Selain itu, mereka menerapkan metode ini secara mendetail guna menilai probabilitas 702 jenis pekerjaan yang mungkin saja akan tergantikan oleh mesin.

Nah, berita baiknya, perawat merupakan salah satu jenis pekerjaan masa depan yang paling aman dari otomatisasi.

Ketika beberapa jenis pekerjaan seperti misalnya dokter bedah, guru sekolah, perawat, komposer, telemarketer, dan real-estate broker dibandingkan, ternyata pekerjaan-pekerjaan tertentu lebih rawan untuk tergantikan oleh robot atau otomatisasi lain.

Pekerjaan seperti telemarketer dan makelar real-estate, saat ini ternyata sudah sangat mungkin dilakukan secara otomatis. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi dan teknologi terkait lainnya yang sangat pesat.

Sementara, salah satu pekerjaan masa depan yang kemungkinannya akan sangat kecil untuk digantikan oleh robot atau sistem otomatis lainnya adalah perawat.

Pekerjaan perawat, ataupun pekerjaan lainnya yang dalam pelaksanaannya membutuhkan sisi manusiawi dan relasi antar manusia yang kuat, seperti dokter, dan pekerjaan di sektor kesehatan lainnya merupakan jenis pekerjaan yang tetap membutuhkan peran manusia yang seutuhnya. Hal ini menyebabkan sangat sulit untuk menggantikan pekerjaan jenis ini dengan otomatisasi maupun robot.

Artikel riset yang didiskusikan itu sendiri telah mendapatkan lebih dari 1000 sitasi dari peneliti lainnya yang melakukan penelitian pada bidang yang sejenis. Hal ini menunjukkan tingkat pengaruh yang kuat dari riset ini terhadap riset-riset selanjutnya.

Kontak

Jl. Islamic Raya Kompleks Islamic Village Kelapa Dua, Tangerang 15812, Indonesia

Telp: +62 21 5462852
WA: +62 877 8510 7912
Email: sekretariat@akperisvill.ac.id

Newsletter

Masukkan email address Anda dan kami akan mengirim informasi lebih lanjut

© Copyright 2019 Akademi Keperawatan Islamic Village

Search