Standar Kompetensi Perawat

info akademik2

Paradigma pendidikan berbasis kompetensi yang mencakup kurikulum, pembelajaran, dan penilaian, menekankan pencapaian hasil belajar sesuai dengan standar kompetensi.  Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran yang mencakup pemilihan materi, strategi, media, penilaian, dan sumber atau bahan pembelajaran. Tingkat keberhasilan belajar yang dicapai mahasiswa dapat dilihat pada kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang harus dikuasai sesuai dengan standar prosedur tertentu.

Kompetensi Perawat Berdasarkan SKKNI (Standar Kerja Kompetensi Nasional Indonesia) ini mengacu pada vokasional, standar-standar keperawatan adalah sebagai berikut:

A. Standar Kompetensi Umum

    1. KES.PG01.001:Bertanggung Gugat dan Bertanggung Jawab Terhadap Keputusan Dan Tindakan Profesional.
    2. KES.PG01.002:Mengenal Batas Peran Dan Kompetensi Diri Sendiri.
    3. KES.PG01.003:Menghormati Hak Privasi Pasien/Klien.
    4. KES.PG01.004:Mengakui Potensi Pendidikan Kesehatan Dalam Intervensi Keperawatan.
    5. KES.PG01.005:Menerapkan Berbagai Metode Pembelajaran Dalam Upaya Promosi Kesehatan.
    6. KES.PG01.006:Mengevaluasi Pembelajaran Dan Pemahaman Tentang Praktik Kesehatan.
    7. KES.PG01.007:Melaksanakan Pengkajian Keperawatan Dan Kesehatan Yang Sistematis
    8. KES.PG01.008:Merumuskan Rencana Asuhan Sedapat Mungkin Berkolaborasi Dengan Pasien/Klien Dan/Atau Pemberi Asuhan/Pelayanan (Carrier).
    9. KES.PG01.009:Membuat Prioritas Asuhan Sedapat Mungkin Berkolaborasi Dengan Pasien/Klien Dan/Atau Pemberi Asuhan.
    10. KES.PG01.010:Mendokumentasikan Rencana Asuhan Keperawatan.
    11. KES.PG01.011:Mengevaluasi Dan Mendokumentasikan Kemajuan Arah Pencapaian Hasil Yang Diharapkan.
    12. KES.PG01.012:Berkomunikasi Dengan Sikap Yang Dapat Memberdayakan Klien/Pasien dan/atau Pemberi Asuhan.
    13. KES.PG01.013:Menunjukkan Kesadaran Tentang Penerapan Pengembangan Dalam Bidang Teknologi.
    14. KES.PG01.014:Menggunakan Alat Pengkajian Yang Tepat Untuk Mengidentifikasi Faktor Resiko Aktual Dan Potensial.
    15. KES.PG01.015:Memastikan Pemberian Substansi Terapeutik Yang Aman.
    16. KES.PG01.016:Mengimplementasikan Prosedur Pengendalian Infeksi.
    17. KES.PG01.017:Menerapkan Hubungan Interprofesional Dalam Pelayanan Keperawatan/Kesehatan.
    18. KES.PG01.018:Mengkontribusi Pada Kerja Tim Multidisiplin Yang Efektif Dengan Memelihara Hubungan Kolaboratif.
    19. KES.PG01.019:Menghargai Peran Dan Ketrampilan Semua Anggota Tim Pelayanan Kesehatan Dan Sosial.
    20. KES.PG01.020:Meningkatkan Dan Menjaga Citra Keperawatan Yang Profesional.
    21. KES.PG01.021:Berpartisipasi Dalam Peningkatan Mutu Dan Prosedur Penjamin Mutu.
    22. KES.PG01.022:Berkontribusi Pada Pengembangan Pendidikan Dan Profesional Peserta Didik.
    23. KES.PG01.023:Menggunakan Kesempatan Untuk Belajar Bersama Dengan Orang Lain Yang Berkontribusi Pada Pelayanan Kesehatan.

B. Standar Kompetensi Tensi Inti

    1. PG02.001:Menerapkan Strategi Berubah Dalam Promosi Kesehatan.
    2. PG02.002:Memfasilitasi Praktik Budaya Dalam Promosi Kesehatan Klien/Pasien.
    3. PG02.003:Memfasilitasi Klien/Pasien Untuk Mendapatkan Dukungan Dari Kelompoknya (Support System).
    4. PG02.004:Mengkoordinasikan Kegiatan Keperawatan Untuk Memfasilitasi Kesinambungan Pelayanan.
    5. PG02.005:Menyusun Rencana Pembelajaran Bersama Klien/ Pasien.
    6. PG02.006:Melaksanakan Rencana Pembelajaran.
    7. PG02.007:Mengevaluasi Hasil Pembelajaran.
    8. PG02.008:Memfasilitasi Klien/Pasien Untuk Memilih Rencana Promosi Kesehatan Sendiri.
    9. PG02.009:Menggunakan Prinsip Belajar Mengajar Dalam Promosi Kesehatan.
    10. PG02.010:Memberi Bimbingan Antisipasi Pada Fase Krisis Perkembangan.
    11. PG02.011:Mengajarkan Kebiasaan Sehat Terkait Dengan Kegiatan/Latihan Fisik.
    12. PG02.012:Mengajarkan Penggunaan Strategi Koping Yang Sehat Untuk Mengatasi Masalah Kehidupan.
    13. PG02.013:Mengajarkan Kebiasaan Hidup Sehat Terkait Dengan Gizi.
    14. PG02.014:Mengajarkan Keseimbangan Antara Istirahat Dengan Kegiatan.
    15. PG02.015:Mengajarkan Strategi Pengurangan Stres.
    16. PG02.016:Mengajarkan Praktik Kesehatan Terkait Dengan Kebersihan/Hygiene.
    17. PG02.017:Melakukan Skrining Kesehatan.
    18. PG02.018:Mengidentifikasi Resiko Keamanan/Keselamatan Yang Nyata Dan Potensial Terhadap Klien/Pasien.
    19. PG02.019:Merencanakan Penanggulangan Resiko Bersama Klien/Pasien.
    20. PG02.020:Melaksanakan Penanggulangan Resiko Kesehatan.
    21. PG02.021:Menggunakan Langkah/Tindakan Aman Untuk Mencegah Cidera Pada Klien/Pasien.
    22. PG02.022:Melaksanakan Pendidikan Kesehatan Tentang Masalah Atau Isu Kesehatan Yang Dapat Dicegah Dan Konsekuensinya.
    23. PG02.023:Melaksanakan Strategi Untuk Mencegah Kekerasan Dan Penelantaran Dirumah Tangga.
    24. PG02.024:Melaksanakan Strategi Terkait Dengan Pencegahan/Deteksi Dini Terhadap Penyakit/Masalah Kesehatan.
    25. PG02.025:Menjalankan Strategi Terkait Dengan Pencegahan Prilaku Adiksi.
    26. PG02.026:Melaksanakan Strategi Untuk Memperkecil Resiko Masalah Kesehatan Jiwa.
    27. PG02.027:Melaksanakan Strategi Pencegahan Terkait Dengan Keamanan Tempat Kerja.
    28. PG02.028:Mengevaluasi Efektifitas Tindakan/Langkah-Langkah Pencegahan Terhadap Klien/Pasien.
    29. PG02.029:Melaksanakan Tindakan Untuk Menjaga Keselamatan Diri.
    30. PG02.030:Melaksanakan Kontrak Asuhan Kuratif/Suportif Dengan Menggunakan Prinsip Belajar-Mengajar.
    31. PG02.031:Mempersiapkan Klien/Pasien Untuk Prosedur Diagnostik Dan Penatalaksanaan Dengan Mempergunakan Sumber-Sumber Yang Sesuai/ Tepat
    32. PG02.032:Memberikan Asuhan Kepada Klien/Pasien Selama Menjalani Pre-Operative.
    33. PG02.033:Memberikan Asuhan Kepada Klien/Pasien Selama Intra Operative.
    34. PG02.034:Memberikan Asuhan Kepada Klien/Pasien Selama Post-Operative.
    35. PG02.035:Memfasilitasi pemenuhan Kebutuhan Oksigen.
    36. PG02.036:Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Sirkulasi/Peredaran Darah.
    37. PG02.037:Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Cairan Dan Elektrolit.
    38. PG02.038:Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Per Oral.
    39. PG02.039:Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Parenteral.
    40. PG02.040:Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Eliminasi Urin.
    41. PG02.041:Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Eliminasi Fekal.
    42. PG02.042:Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Per Enteral.
    43. PG02.043:Meningkatkan Kemampuan Klien/Pasien Dalam Mempertahankan Postur Tubuh Yang Tepat.
    44. PG02.044:Memelihara Keutuhan Jaringan Kulit.
    45. PG02.045:Melakukan Perawatan Luka.
    46. PG02.046:Memfasilitasi Pemenuhan Kebutuhan Rasa Nyaman.
    47. PG02.047:Memantau Perubahan Kondisi Kesehatan Klien/Pasien.
    48. PG02.048:Mengkomunikasikan Informasi Penting Kepada Anggota Tim Kesehatan Tentang Kondisi Klien/Pasien.
    49. PG02.049:Memodifikasi Rencana Asuhan Untuk Disesuaikan Dengan Perubahan Kondisi Klien/Pasien.
    50. PG02.050:Memberikan Obat Secara Aman Dan Tepat.
    51. PG02.051:Membantu Mengelola Nyeri Dengan Tindakan Tanpa Bantuan Obat.
    52. PG02.052:Membantu Mengelola Nyeri Dengan Bantuan Obat.
    53. PG02.053:Mengelola Pemberian Darah Dan Produk Darah Secara Aman.
    54. PG02.054:Mengelola Pemberian Terapi Melalui CVC (Central Venous Catheter).
    55. PG02.055:Menerapkan Prinsip-Prinsip Pencegahan Infeksi Nosokomial.
    56. PG02.056:Melakukan Evaluasi Hasil Implementasi Asuhan Keperawatan.
    57. PG02.057:Mempersiapkan Kepulangan Klien/Pasien.
    58. PG02.058:Memberikan Perawatan Pendukung Kepada Klien/Pasien Dengan Penyakit Kronis.
    59. PG02.059:Memberikan Pelayanan Yang Sensitif Terhadap Klien/Pasien Yang Mengalami Kehilangan/Berduka. 

C. Standar Kompetensi Khusus

    1. PG03.001:Memfasilitasi Pilihan Klien/Pasien Untuk Menggunakan Terapi Alternatif.
    2. PG03.002:Menggunakan Teknologi Informasi Yang Tersedia Secara Efektif Dan Tepat.
 

Link Lain