prospek-kerja-perbankan-syariah

Bagaimana prospek kerja perbankan syariah? Apakah sama menjanjikannya dengan perbankan konvensional?

Setiap jurusan bisa dipelajari serta serta punya prospek karir kedepannya. Karir ini bisa beragam, serta termasuk menjadi pengaplikasian atas pelajaran saat menempuh pendidikan. Lalu seperti apa prospek kerja perbankan syariah, prodi ekonomi favorit saat ini? 

Informasi 

Prodi atau jurusan perbankan syariah adalah ilmu yang belajar tentang aspek aspek lini bank, ekonomi, namun lewat pengaturan serta ketentuan islami. Biasanya peserta didik belajar banyak hal terkait keuangan, analisis, dan lainnya, bahkan termasuk bagaimana moral dan sistem usaha islami berjalan.

Tiap perguruan tinggi bisa jadi memiliki sistem serta kurikulum berlainan, sehingga materi diberikan disesuaikan kebutuhan dan kepentingan pasar. Nantinya ketika sudah menyelesaikan pendidikan, peserta didik akan mendapatkan gelar sarjana ekonomi seperti lulusan fakultas ekonomi lainnya.

Pekerjaan yang Menanti

Ada banyak pilihan terkait prospek kerja perbankan syariah yang bisa dipilih. Ketika sudah masuk ke dunia kerja profesional, siapapun harus bekerja sesuai tugas maupun kewajiban perusahaan. Karena mereka yang lulus perbankan syariah punya skill untuk menghimpun, mengelola serta menghadirkan layanan terkait keuangan syariah, prospeknya adalah:

Pegawai

Banyak lembaga keuangan membutuhkan alumni perbankan syariah untuk pegawainya. Tidak hanya secara khusus membutuhkan lulusan manajemen, ekonomi maupun perbankan saja, bagi alumni perbankan syariah, bisnis Islam punya punya peluang karir serupa.

Konsultan

Sekarang ini masyarakat membutuhkan konsultan di lini ekonomi atau finansial. Alumni dari prodi studi maupun sejenisnya dapat mengikuti sekolah profesi dan menjadi konsultan, terutama finansial.. Mereka pun dapat masuk menuju lembaga keuangan Islam untuk menjadi konsultan profesional. 

Auditor

Salah satu prospek kerja perbankan syariah saat ini serta cukup dibutuhkan yakni auditor. Karena materi selama belajar di perguruan tinggi terkait manajerial uang cukup lengkap, alumni program studi ini bahkan dapat menjadi pegawai auditor untuk perusahaan atau lembaga.

Peneliti

Pilihan pekerjaan ini juga cukup banyak diminati karena memiliki peluang yang cukup besar. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana,alumni jurusan ini dapat melanjutkan untuk belajar di jenjang berikutnya, yakni magister serta doktoral agar mendapat kualifikasi sebagai pengajar. 

Perbedaan

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa beda antara jurusan ini dengan prodi keuangan biasanya. Kedua jurusan tersebut sama-sama belajar tentang perbankan, namun prodi syariah lebih spesifik mempelajari bank Islam yang tidak menggunakan bunga dalam sistemnya.

Sebagai ganti dari bunga tersebut, pihak bank Islam akan menggunakan imbal hasil atau biasa disebut sebagai nisbah. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan adanya riba, karena dalam Islam riba tak boleh digunakan untuk semua transaksi.

Besaran Gaji

Mengenai besaran gaji yang nantinya didapatkan lulusan perbankan syariah sebenarnya variatif. Mereka bisa mendapatkan gaji besar atau kecil tergantung perusahaan atau tempat kerjanya. Namun secara umum, mereka yang berkarir di bidang ini akan mendapatkan gaji dari Rp3 – Rp8 juta.

Jumlah tersebut tentunya disesuaikan prospek kerja perbankan syariah maupun jabatan. Apabila menempati posisi yang tinggi, maka jumlah gaji tentu lebih besar dari kisaran tersebut. Namun setidaknya lulusan program studi ini bisa mendapatkan gaji UMR sesai kota tempat bekerja.

Meski begitu, lulusan jurusan syariah seperti ini  juga bisa mencoba pekerjaan lain yang sekiranya lebih menjanjikan. Misalnya dengan menjadi pegawai negeri sipil, pegawai bank swasta atau negeri, dan lainnya. Karir lulusan ini juga terbuka apabila ingin menjadi wirausahawan atau pekerjaan sejenisnya.

Kesimpulan

Semoga informasi mengenai prospek kerja perbankan syariah ini dapat membantu pembaca, terutama yang ingin masuk dan belajar di program studi ini.